Jumat, 27 November 2015

Jenis Jenis Sepeda

Masih tentang sepeda, jika anda akan membeli sepeda untuk berkendara dengan teman-teman anda maka belilah sepeda yang sama dengan yang teman-teman anda naiki. Anda tidak akan dapat bersaing dengan Sepeda Balap jika Anda menggunakan Sepeda Gunung.


Berikut ini adalah beberapa macam jenis sepeda beserta kegunaannya yang perlu anda ketahui.


Sepeda Balap 



Sepeda balap dirancang untuk dikendarai dengan cepat di atas trotoar halus, sepeda ini memiliki ban yang ramping dan "drop" setang yang halus serta dapat digunakan untuk balapan & bobot sepeda ini biasanya lebih ringan daripada jenis sepeda lainnya.
Sepeda jenis ini dapat dikendarai di jalan beraspal tetapi kebanyakan orang berpendapat bahwa sepeda ini tidak nyaman dan tidak stabil pada jalan beraspal & kebanyakan sepeda balap tidak mampu membawa beban berat. 

Sepeda Gunung (Mountain Bike)



Sepeda Gunung dirancang untuk digunakan di jalanan yang kasar atau off-road, sepeda ini memiliki setang yang datar atau tegak dan gir persneleng kecil untuk mengayuh di jalan curam. Kebanyakan sepeda gunung memiliki beberapa jenis peredam kejut atau suspensi, untuk sepeda gunung dengan suspensi depan disebut hardtails sedangkan untuk sepeda gunung yang memiliki suspensi depan dan belakang disebut sepeda full-suspension atau duallies dan sepeda gunung tanpa suspensi disebut rigid atau kaku. Sepeda gunung dapat digunakan untuk touring dan juga untuk sepeda komuter harian.

Sepeda Hybrid 




Pada awalnya Sepeda Hybrid dirancang untuk memberikan keuntungan dari Sepeda Balap dan Sepeda Gunung, baik dari ukurannya, tempat duduk yang empuk dan setang tegak sepeda ini memberikan posisi berkendara yang nyaman ketika digunakan untuk bersepeda santai dilingkungan sekitar atau dijalanan.
Kebanyakan sepeda hybrid memiliki suspensi depan namun ada juga yang tidak bersuspensi.

Cruiser Bike



Sepeda jenis ini mirip dengan Sepeda Hybrid, dalam artian bahwa mereka dirancang untuk bersepeda santai dan sangat nyaman. Cruiser bike biasanya memiliki ban yang lebar dan setang yang lebih tegak. Kebanyakan Cruiser Bikes memiliki gir kecepatan tunggal tapi ada juga yang memiliki 3 gir kecepatan dan memiliki rem coaster kuno (di mana Anda harus menggerakan pedal ke belakang untuk menghentikan laju sepeda).
Sepeda ini dapat digunakan untuk komuter jarak pendek ataupun untuk bekerja selama rute yang anda lewati cukup datar. Beberapa produsen Cruiser Bike membuat berbagai macam model dan warna-warni yang sesuai dengan selera fashion setiap pecinta sepeda.

City Bike 




Istilah "City Bike" tidak benar-benar mengacu pada kategori tertentu dari sepeda, hal ini lebih dari istilah deskriptif umum.
Sepeda ini mungkin juga bisa disebut sepeda komuter atau sepeda urban Karena sepeda ini memiliki karakteristik Sepeda Hybrid dan Cruiser Bike.

Sebuah City Bike juga mungkin memiliki beberapa fitur yang membuatnya lebih bermanfaat untuk dikendarai oleh kaum wanita, antara lain: 

- fender
- pelindung rantai
- pelindung rok pada roda belakang

Sebuah City Bike juga mungkin memiliki hub belakang internal ditujukan untuk kemudahan penggunaan dan pemeliharaan dan dilengkapi dengan generator dan lampu untuk keamanan ketika berkendara setelah gelap. Sepeda ini juga kadang-kadang disebut sebagai "Sepeda Belanda" karena kemiripannya dengan sepeda yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat Amsterdam dan kota-kota ramah sepeda Eropa lainnya.
  
Sepeda BMX


Sepeda BMX sangat populer dengan anak-anak karena ukurannya yang kecil, tetapi sepeda ini juga dapat digunakan oleh orang dewasa untuk berbagai gaya dan trik stunt riding.

Sepeda Lipat (Folding Bike)




Sepeda Lipat sangat ideal bagi mereka yang tinggal di apartemen kecil dan tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. Sepeda ini juga cocok untuk dibawa dalam kendaraan seperti mobi, bus atau kereta api ketika anda bepergian atau untuk anda yang tidak memiliki tempat aman untuk parkir sepeda di tempat kerja.
Kebanyakan sepeda lipat memiliki roda yang lebih kecil, hal inilah yang membuat Sepeda Lipat sedikit kurang efisien dan lebih sulit untuk dikendarai daripada sepeda lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar